Kunjungan Tim Monitoring Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Rangka Pembinaan Perpustakaan Perguruan Tinggi Sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Tahun 2023 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) DKI Jakarta

Jakarta —- Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas perpustakaan di Perguruan Tinggi, Tim Monitoring Perpustakaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DKI Jakarta  mengadakan kunjungan ke Universitas YARSI, Senin, 11 September 2023.

Tim Monitoring Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta diwakili oleh Drs. Suryanto, M.SI, Arif Fadilah, S.S., M.Si, Penny Librayanti, M.Si dan Faiz Ridhal Malik.

Sementara, Universitas YARSI dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang I Dr. dr. Wening Sari, M.Kes, Direktur Direktorat Pangkalan Data, Jaminan Mutu, dan Akreditasi (PDJAMA) , Dr. Rifqatussa’adah, S.K.M., M.Kes, Kepala Perpustakaan, Tiko Dhafin Rizky, SIP., M.M. bersama seluruh tim perpustakaan dan turut hadir Dosen Program Studi PdSI YARSI, Danang Dwijo Kangko, S.Hum., M.P.

Acara ini diadakan di Ruang Senat Akademik Universitas YARSI dan memiliki agenda yang penting untuk memastikan bahwa perpustakaan Universitas YARSI memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Tahun 2023.

Kunjungan dimulai dengan sambutan hangat dan pembukaan acara untuk memulai diskusi yang bermanfaat, kemudian dilanjutkan  dengan Pemutaran Video Profil Perpustakaan untuk memberikan wawasan tentang fasilitas dan layanan yang ada di Perpustakaan Universitas YARSI.

Kunjungan tersebut ditutup dengan  melakukan tur onsite ke perpustakaan untuk memeriksa langsung fasilitas dan layanan yang ada.

Drs. Suryanto, M.SI dalam keterangannya mengusulkan penggabungan entitas antar perpustakaan Universitas, Rumah Sakit dan RSGM YARSI untuk menciptakan perpustakaan yang terintegrasi dan meningkatkan nilai poin tambahan saat menghadapi akreditasi.

“Saya menyarankan kerjasama yang lebih erat dengan pentahelic di sekitar wilayah Universitas YARSI”ujar Suryanto.

Sementara Arif Fadilah, S.S., M.Si menekankan pentingnya penguatan hubungan kerja sama antara Dispusip dengan Perpustakaan Universitas YARSI.

Ia  menyarankan Universitas YARSI untuk segera melakukan re-akreditasi perpustakaan guna meningkatkan kualitas dan layanan terhadap pengguna khususnya Sivitas Akademika Universitas YARSI.

Kunjungan ini adalah langkah penting dalam upaya Universitas YARSI untuk terus meningkatkan kualitas dan pelayanan perpustakaannya sesuai dengan SNP Tahun 2023.

Universitas YARSI berkomitmen untuk menerapkan saran-saran yang berharga ini dan memastikan bahwa perpustakaan terus memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa dan dan pengguna lainya.

Diketahui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DKI Jakarta bertanggung jawab untuk memajukan dunia perpustakaan dan kearsipan dan  aktif dalam memastikan bahwa perpustakaan di berbagai lembaga pendidikan dan pemerintah memenuhi standar yang ditetapkan khususnya di wilayah DKI Jakarta. (Zuhri)