Perpustakaan Universitas YARSI Terakreditasi “A” dari Badan Standardisasi Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta—Perpustakaan Universitas YARSI berhasil meraih Akreditasi A dari Badan Standardisasi Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Hasil ini diraih setelah sebelumnya dilakukan visitasi oleh asesor Perpustakaan Nasional yang dipimpin oleh Drs.Supriyanto M,Si.dengan anggota B.Mustafa, M.Lib dan pendamping Drs. Budi Kurniawan. (Jum’at, 30/12/2022).

Drs. Supriyanto M.Si. dalam hasil laporan yang dibacakan usai penilaian komponen akreditasi mengatakan “bahwa merujuk hasil visitasi, perpustakaan Universitas YARSI memperoleh nilai 93,60, dengan hasil tersebut perpustakaan Universitas YARSI berhak meraih Akreditasi A”ujar Supriyanto.

“Kategori komponen yang dinilai oleh para asesor perpustakaan nasional meliputi koleksi, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, pengelenggaraan dan pengelolaan serta komponen penguat”jelasnya.

Dilanjutkan Supriyanto, meskipun dalam beberapa komponen yang dinilai terdapat rekomendasi yang harus diperbaiki oleh perpustakaan Universitas YARSI, seperti penambahan formasi pustakawan “namun secara keseluruhan pengelolaan dan manajemen perpustakaan sudah sangat baik dan berhak meraih Akreditasi A”tegas Supriyanto.

Sementara, Rektor Universitas YARSI, Prof.dr Fasli Jalal Ph.D yang ikut memantau pembacaan hasil laporan mengatakan sangat gembira dengan capaian yang diraih oleh perpustakaan Unversitas YARSI.

“Tentu ini bukan akhir dari tujuan perpustakaan, akan tetapi menjadi awal dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan kepada pemustaka serta mendukung visi misi universitas YARSI”ucap Fasli Jalal.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tim task force Akreditasi perpustakaan Universitas YARSI yang telah bekerja keras sehingga meraih hasil yang diharapkan.

Kepala Perpustakaan Universitas YARSI Tiko Dhafin Rizky, SIP.MM yang dikonfirmasi usai menandatangani Berita Acara hasil visitasi perpustakaan menyatakan persetujuannya menerima hasil penilaian dan kesimpulan dari asesor Perpustakaan Nasional.

Ia mengaku penilaian yang dilakukan oleh para asesor sudah sangat proporsional, “ sehingga kami dari pihak perpustakaan menerima dan setuju dengan hasil akhir yang disampaikan asesor”jelas Tiko.

“Disamping itu kita juga menerima hasil rekomedasi visitasi perpustakaan tersebut untuk dijadikan bahan perbaikan perpustakaan di masa yang akan datang”tandas Tiko. (Zuhri)