“Rakernas FPPTI 2024: Transformasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Menuju Masa Depan Digital”

Rakernas FPPTI 2024

Jakarta, 27 Februari 2024 – Rakernas FPPTI, sebuah forum terkemuka yang menghimpun para pemangku kepentingan dalam dunia perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia, kembali menggelar pertemuan strategis yang bertajuk “Library Performance Measurement: Metrics and Evaluation in the Digital Era”. Dalam acara yang berlangsung daring via Zoom pada Selasa ini.

Dalam pertemuan ini, masing-masing pemangku kepentingan menyampaikan komitmennya dalam memajukan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia.

Dr. Adin Bondar, S.Sos., M.Si., Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional RI, menegaskan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan FPPTI guna meningkatkan peran perpustakaan dalam dunia pendidikan tinggi.

Dr. Lukman, ST., M.Hum., Direktur Kelembagaan Kemdukbudristek Dikti, menyoroti pentingnya peran perpustakaan dan pustakawan dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta visi Indonesia Emas 2045.

Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Universitas Diponegoro, mengungkapkan kebanggaannya atas menjadi tuan rumah Rakernas FPPTI dan berkomitmen untuk berkolaborasi dengan FPPTI Pusat dan Wilayah dalam memajukan perpustakaan perguruan tinggi.

Mariyah, S.Sos., M.Hum, Ketua Umum FPPTI, menegaskan kesiapan FPPTI Pusat untuk berkolaborasi dengan FPPTI Wilayah dalam berbagai aspek, termasuk penyelenggaraan perpustakaan, sertifikasi & pelatihan pustakawan, akreditasi, keanggotaan, dan peningkatan lainnya.

Tiko Dhafin Rizky, SIP., M.M., Wakil Ketua Umum I FPPTI, menegaskan bahwa mereka memiliki komisi-komisi yang bertanggung jawab atas pengembangan keorganisasian, sumber daya manusia, dan teknologi informasi dan komunikasi.

Ibu Dr. Purwani Istiana, SIP., M.A, Wakil Ketua Umum II FPPTI, menyampaikan bahwa FPPTI juga memiliki komisi-komisi yang fokus pada kerja sama dan program internasional, penelitian, pengembangan, dan publikasi ilmiah, serta advokasi dan kebijakan.

Pak Amirul Ulum, S.Sos., M.IP., Sekretaris Jenderal FPPTI, menekankan pentingnya penyelenggaraan FPPTI di masing-masing wilayah agar sinergi dan kolaborasi dapat berjalan sesuai dengan agenda dan kebutuhan perpustakaan perguruan tinggi.

Keterlibatan Universitas YARSI di tingkat pusat Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) tentunya menjadi  kebanggaan bagi institusi tersebut.  Dengan  keikutsertaan Tiko Dhafin Rizky, SIP., M.M.,  sebagai pengurus  di tingkat pusat merupakan suatu kehormatan bagi Universitas YARSI.

Dalam perannya sebagai Wakil Ketua Umum I FPPTI, Tiko memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan visi dan misi organisasi tersebut. Terutama dalam aspek pengembangan keorganisasian, sumber daya manusia, dan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam konteks keseluruhan Rakernas FPPTI, kehadiran Perpustakaan Universitas YARSI bukan hanya sebagai peserta, tetapi juga sebagai pemimpin yang menginspirasi.

Universitas YARSI telah mampu memberikan kontribusi yang berarti dalam wadah nasional seperti FPPTI serta merupakan cerminan dari komitmen Universitas YARSI dalam menghadirkan inovasi dan keunggulan dalam dunia perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia.

Rakernas ini juga dihadiri oleh Hada Hidayat Margana, M.I.Kom. (Perwakilan FPPTI Jawa Barat), Sonnie Y.H. Marsabessy, S.Sos. (Perwakilan FPPTI Kalimantan Selatan), Rika Kurniawaty, M.Hum (Perwakilan FPPTI Nusa Tenggara Barat) sebagai perwakilan dari masing-masing wilayah Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Perwakilan tersebut menyampaikan hal-hal terkait penyelenggaraan dan beberapa kendala yang terjadi pada FPPTI Wilayah terkait. (Zuhri)