Hubungan Persepsi Mahasiswa dengan Lingkungan Belajar…

Hubungan Persepsi Mahasiswa dengan Lingkungan Belajar terhadap Tingkat Stres, Depresi dan Cemas Mahasiswa di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Yarsi

Lingkungan belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri individu seperti stres, cemas dan depresi. Faktor eksternal berasal dari luar individu salah satunya lingkungan belajar. Perubahan dari lingkungan belajar menjadi salah satu faktor pemicu dari stres, cemas dan depresi yang dapat memengaruhi keberhasilan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa dengan lingkungan belajar terhadap tingkat stres, depresi dan cemas mahasiswa di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI (FKG UY). Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional dengan metode total sampling terhadap mahasiswa aktif tahun akademik 2019/2020 FKG UY. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur Dundee Ready Education Environment (DREEM) dan Depression, Anxiety and Stress Scale (DASS-21). Hasil persepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar adalah lebih banyak hal positif dibandingkan hal negatif (131,55). Hasil nilai rata-rata tingkat stres termasuk kedalam kategori
sedang (9,93), nilai rata-rata tingkat depresi termasuk kedalam kategori normal (3,35), dan nilai rata-rata tingkat cemas termasuk dalam kategori normal (1,70). Hasil penelitian uji bivariat menunjukkan hubungan signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar dengan tingkat stres (p = 0,000), tingkat cemas (p = 0,007), dan tingkat depresi (p = 0,005, p˂0,05). Lingkungan belajar yang baik dapat menurunkan tingkat stres, depresi dan cemas. Berdasarkan perspektif Islam, persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar yang baik di FKG UY dapat menurunkan tingkat stres, cemas dan depresi, dalam hal ini didasari dengan kecerdasan emosional dengan baik.

Kata kunci: Lingkungan Belajar, DREEM, Stres, Depresi dan Cemas, DASS-21, Kecerdasan Emosional

https://digilib.yarsi.ac.id/9174/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *